Kamis, 06 September 2012

Pemda KLU Komitment Benahi Fasilitas Wisata

Lombok Utara - Sebagai bentuk tanggung jawab dan perhatian pemerintah daerah terhadap laju kegiatan pariwisata di KLU. Tahun ini pemerintah melalui dinas perhgubungan, pariwisata, komunikasi dan informasi (Dishubparkominfo) KLU, berkomitmen membenahi fasilitas wisata yang ada.

Saat musim liburan setiap tahunnya, seperti libur lebaran dan tahun baru, Minimnya sarana prasarana publik disejumlah kawasan wisata yang tersebar diberbagai wilayah lombok utara, kerap dikeluhkan para wisatawan.

Beberapa lokasi yang dikeluhkan Seperti dikawasan wisata air terjun Kertha Gangga dan Tiu Pupus, kecamatan Gangga yang tidak memiliki akses jalan masuk yang baik dan tidak dilengkapi jembatan penyeberangan menuju mata air dan kolam pemandian utama.

Termasuk disekitar lokasi pemandian taman wisata Air Terjun Sendang Gile, Bayan yang hingga kini belum dilengkapi fasilitas ruang ganti pakaian, WC umum dan tempat beristirahat. Bahkan penerapan double retribusi masuk kawasan wisata pantai Tiga Gili dipelabuhan Bangsal Pemenang, dinilai tidak selaras dengan ketersediaan fasilitas sebagai wujud pelayanan pemerintah atas penerapan retribusi tersebut.

“Tahun ini pemerintah berkomitmen membenahi semua Fasilitas pariwisata di sejumlah destinasi wisata yang ada di Lombok Utara,” tandas Kepala Bidang Pariwisata Dishubparkominfo KLU, Abdul Azis Abu Bakar, seraya mengakui jika terkadang masih minimnya fasilitas kerap dikeluhkan pengunjung.

Namun begitu, lanjut Azis, bukan berarti pemda kurang memperhatikan sarana pendukung tempat wisata. Selama tiga tahun terakhir pemda KLU lebih memfokuskan pembangunan sarana dasar seperti infrastrukur jalan, sarana air bersih dan energi listrik sembari menyusun rencana pengembangan dan penataan kawasan wisata lengkap dengan fasilitasnya.

Ditegaskan Abdul Azis, Pertengahan tahun ini pihaknya telah rampung menyusun perencanaan penataan beberapa kawasan wisata yang siap direalisasikan seperti, perbaikan jalan masuk dan pembangunan jembatan penyebarangan dikawasan Air Terjun Kertha Gangga dan Tiu Pupus. 

Tahun 2012 ini, daerah mendapat suntikan dana dari APBN, untuk pembangunan fasilitas di kawasan wisata sindag gila, seperti fasilitas mck, ruang ganti, dan fasilitas lainnya. Bahkan untuk memberikan kemudahan pengunjung yang datang, pihaknya mengaku berencana telah menyusun bentuk kemitraan dengan Disperindagkop UMKM untuk membangun sentral kuliner dan Art Shop dilokasi tersebut sebagai upaya pemberadayaan ekonomi masyarakat setempat.

Soal minimnya fasilitas publik ditiga gili, diakui memang tak lepas dari keterbatasan kemampuan anggaran daerah. Akan tetapi pihaknya secara bertahap akan melengkapi sarana pendukung dikawasan wisata itu, seperti tahun ini pihaknya akan membangun sejumlah WC umum dimasing-masing Gili termasuk komitmen pemda merealisasikan pembangunan  jalan lingkar aspal di gili trawangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar