Rabu, 24 Agustus 2011

Ironis, Desa Penghasil Air Warganya Minum Air Irigasi

Lombok Utara- Mungkin tidak masuk diakal dengan kondisi masyarakat Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Salah satu desa yang dimiliki Kabupaten Lombok Utara yang terkenal dengan potensi sumberdaya alam (SDA) hingga menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Desa ini juga menjadi salah satu daerah yang memiliki sumber mata air yang sangat besar sehingga dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Anehnya, meski demikian hampir sebagian besar masyarakatnya mengkonsumsi air irigasi untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk kebutuhan air minum. Data yang ada sebanyak delapan dusun di Desa Senaru sampai sekarang masih mengkonsumsi air dari saluran irigasi untuk kebutuhan minum dan kebutuhan lainnya.

Sedangkan beberapa desa yang menjadi penikmat air dari PDAM yakni Desa Anyar, Desa Sukadane, Desa Karang Bajo termasuk beberapa daerah lainnya. “Delapan dusun di desa Senaru masih minum air saluran atau air irigasi, “ungkap Kepala Dusun Bun Gontor Desa Senaru Kecamatan Bayan, Sekarnawadi pada wartawan Rabu (24/8) kemarin.

Memang sepintas menggunakan air bersih karena menggunakan perpipaan tetapi sumber airnya berasal dari saluran atau irigasi yang biasanya untuk kebutuhan bertani. “Ada juga masyarakat yang langsung mengambil air dari saluran irigasi, “sebutnya.

Dikatakanya, air saluran yang digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari pun datangnya sekali seminggu sehingga masyarakat setempat sering mengalami krisis air bersih. “Air irigasi datangnya sekali seminggu sehingga masyarakat lebih sering mengalami krisis air bersih meski memiliki sumber mat air yang besar, “tambahnya. Masyarakat berharap, pemerintah mampu mengelola potensi tersebut untuk kepentingan dan kesejahtraan masyarakat sehingga masyarakat tidak menjadi penonton dirumah sendiri. (adam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar