Kamis, 08 September 2011

Murdin: Sediakan Lahan 1,40 Ha Untuk Penghijauan

Lombok Utara - Karena prihatin atas terjadinya kebakaran lahan penghijauan di Dusun Lendang Galuh Desa Kayangan beberapa waktu lalu, Murdin, salah seorang warga Dusun Karang Tal Desa Kayangan Kecamatan Kayangan menyediakan lahan miliknya sebagai lokasi penghijauan seluas 1,4 hektar. 
Lahan penghijauan yang berlokasi di Dusun Air Bari Desa Gumantar Kabupaten Lombok Utara tersebut dikelola bekerjasama dengan H. Abidin Mustakim, warga asal Kabupaten Bima yang pernah meraih penghargaan Kalpataru dari Presiden RI, karena ketekunannya menghijaukan lahan kering di KLU. 
H. Abidin yang dutemui 8/9 kemarin mengaku telah menyediakan ratusan bibit berbagai jenis tanaman, seperti gamalina, lamtoro gung, gol, sengon, samba, waru, bidara dan jenis bibit pohon lainnya. “Semua jenis pohon ini kita akan tanam di areal yang sudah disedikan oleh Murdin”, katanya. 
Sebelum dilakukan penanaman, lanjut Abidin, terlebih dahulu diwali dengan menggali lubang minimal dua bulan sebelum bibit pohon ditanam. Maksudnya, agar tanah yang sudah dilubangi dapat beradaptasi dengan sinar matahari, karena banyak mengandung unsure hara yang dibutuhkan tanaman baru. 
“Untuk lahan yang disediakan Murdin, sangat cocok dengan tanaman jati putih, karena disamping arealnya bebatuan, juga dalam waktu bersamaan dibangun sumur bor. Jadi momen ini sangat tepat, dan program penghijauan ini dapat disebut dengan Kehati, artinya keanekaragaman hayati dimana semua makhluk bisa hidup berdampingan di tempat itu”, jelasnya. 
Sementara Murdin mengatakan, bila penghijauan ini berhasil, dirinya memiliki rencana akan menjadikan lokasi penghijauan ini sebagai tempat observasi dan penelitian sekaligus sebagai tempat rekreasi untuk generasi masa datang. “Semoga saja niat ini akan menjadi nyata,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar