Kamis, 20 Desember 2012

Dikes KLU Bagikan Kartu Jamkesmas Baru

Lombok Utara - Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (Dikes-KLU) melalui petugas Puskesmas Kecamatan Bayan 19/12/12, membagikan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) baru  kepada 530 warga Desa Karang Bajo.

Pembagian kartu Jamkesmas dilakukan melalui kepala dusun yang se- Desa Karang Bajo, dan mulai berlaku awal tahun 2013.

“Kartu Jamkesmas ini dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan pusat dengan menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011. Dan khusus untuk Desa Karang Bajo kartu yang terbit baru 40 persen”, kata Dayat, petugas Puskesman Kecamatan Bayan.

Dikatakan, bagi warga yang belum memproleh kartu Jamkesmas baru, dapat menggunakan kartu lama untuk berobat ke Puskesmas terdekat.

Sementara petugas kesehatan lainnya, Subardi,  mengaku, pemerintah memberikan kemudahan kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Dan bila belum memperoleh kartu Jamkesmas, dapat menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa.

Menanggapi adanya penilaian masyarakat terhadap petugas Puskemas yang melayani masyarakat kurang maksimal, menurut pendapat Subardi, harus dimaklumi, karena petugas kesehatan yang ada di Puskesman Kecamatan Bayan masih kurang. 

Kendati demikian, para petugas akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat semaksimal mungkin. “Saran dan masukan dari masyarakat sangat kita perlukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Pukesmas Bayan”, katanya.

Selain itu pengunjung Puskesmas yang terletak di pinggir jalan raya Bayan ini juga mengeluhkan belum adanya musalla sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. 

“Insya Allah musalla akan segera kita bangun, karena danya sudah ada”, timpal Dayat singkat.

Kegiatan pembagian kartu Jamkesmas ini juga dirangkaikan dengan penyerahan baju seragam ke petugas ambulance dusun dan desa Karang Bajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar