Sabtu, 10 September 2011

BPBD Dompu Siap Tangani Bencana Tam

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, siap melakukan penanganan jika terjadi musibah di Gunung Tambora. ‘’Itu harus kita lakukan pasalnya Taruna Tanggap Bencana (TAGANA) masih dalam pengawasan Dinas Sosial," kata Kepala BPBD Dompu, Islam kepada pers Jumat (9/9). 
Koordinasi lintas sektor, termasuk menggandeng Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Dompu terus dilakukan. 
Anggaran penanggulangan bencana yang dianggarkan dalam APBD Dompu tahun 2011, belum dipakai dan masih tersimpan. Anggaran itu akan digunakan untuk melakukan evakuasi warga jika nentinya musibah itu datang dan bila tindakan evakuasi diperlukan. Islam mengaku segala perlengkapan untuk melakukan penanganan bencana, telah tersedia di daerah ini. 
Bahkan sejak didirikan awal tahun lalu, BPBD Dompu terus melakukan simulasi pertolongan bencana kepada warga. "Dompu terkenal dengan daerah wilayah gempa dan kita sudah siap jika pada praktiknya nanti terjadi musibah," katanya. 
BPBD berencana menuju Kecamatan Pekat untuk mengatisipasi dan memberikan pengarahan kepada warga. Selain itu, BPBD juga akan memberikan pelatihan serta simulasi untuk jalur evakuasi warga.(ant/Bali Post) Sumber: Suara NTB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar