Minggu, 23 Maret 2014

Kaum Perempuan Masih Tertinggal Dibanding Laki-Laki

Sekertaris Daerah KLU, Drs. H. Suardi dalam Sosialisasi Pembinaan Perempuan Se-Kabupaten Lombok Utara (KLU) Selasa (18/3) di Tanjung mengatakan,  kuaitas kaum perempuan masih banyak tertinggal dibanding laki-laki.Ini dikarenakan akses mereka dalam berpartisipasi maksimal untuk mengisi proses pembangunan relatif lebih kecil ketimbang laki-laki.

Mencoloknya perbedaan peran perempuan, lanjut Suardi, bukan hanya terjadi dalam lingkup domestik, tapi juga pada banyak kebijakan, program, proyek dan kegiatan pembangunan daerah yang belum berperspektif gender atau responsif gender.

Kesenjangan juga terjadi pada penguatan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Kata Suardi, selain isu gender, banyak pula ditemukan rendahnya pemahaman gender di tingkat pengambilan keputusan, baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Sejalan dengan upaya pemberdayaan perempuan dan pembangunan berwawasan gender, Pemda KLU akan terus berupaya mengapresiasi dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk terlibat aktif dalam mendukung pembangunan di KLU.

Kabag Kesra Pemkab KLU, Muhammad, S.Pd, mengungkapkan, salah satu program unggulan instansinya adalah meningkatkan pelaksanaan pembangunan renspons gender melalui strategi dan arah kebijakan pembangunan properempuan dan perlindungan anak.

Menurut Muhammad, ada beberapa kebijakan yang tercantum dalam PUG Pemerintah Daerah KLU, diantaranya bidang ekonomi, bidang ketenagakerjaan, bidang koperasi UMKM, industri dan perdagangan, bidang pertanian, perikanan, peternakan, kelautan dan agribisnis, bidang Iptek serta bidang infrastruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar