Sabtu, 16 Juli 2011

Generasi Muda Dilatih Membuat Genteng

Lombok Utara - Puluhan generasi muda Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, pada 16 Juli 2011, dilatih membuat genteng dari limbah batu apung.

Pelatihan yang digelar di aula kantor desa Karang Bajo tersebut, selain dihadiri oleh para pemuda, juga hadir kepala desa, Kertmalip, para kepala dusun, dan beberapa mahasiswa Universitas Mataram yang ber KKN di Karang Bajo.

“Pelatihan untuk peningkatan keterampilan bagi generasi muda ini kita lasanakan bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) desa yang memiliki program tersendiri dengan biaya menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD)”, kata Kades Karang Bajo, Kertamalip pada saat membuka pelatihan.

Tujuannya, bagaiaman LPM berusaha meningkatkan keterampilan dan sumber daya generasi muda yang ada di desa Karang Bajo, sehingga setiap tahun dilakukan pelatihan. “Jadi saya berharap agar apa yang diperoleh dalam pelatihan ini dapat dikembangkan ditengah-tengah masyarakat, karena pembuatan genteng dari limbah batu apung ini, merupakan sebuah peluang kerja baru bagi generasi muda”, jelas Kertamalip.

Semetara Sumadi, salah seorang nara sumber pada pelatihan tersebut mengatakan, pembuatan genteng dengan menggunakan limbah batu apung, pada dasarnya tidak terlalu sulit, lebih-lebih bahannya mudah diperoleh di Kecamatan Bayan. “Dengan pelatihan yang digelar LPM ini, bisa menjadi renungan bersama untuk membangun masyarakat yang lebih maju kedepan”, ujar Sumadi.

Dijelaskan, sebelum anak masuk sekolah setingkat SLTP, sebaiknya setiap warga memiliki rumah sendiri. Salah satu caranya, bagaimana kita memamfaatkan hasil pelatihan. “Kalau hasil pelatihan ini bisa dikembangkan, Insya Allah akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena genteng itu sendiri tetap akan laku dijual”,tegasnya.

Acara pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan alat dan bahan serta praktik membuat genteng. Alat yang digunakan cukup sederhana, yaitu mal besi, kertas, mal jemur serta beberapa peralatan lainnya. Sedangkan bahannya menggunakan batu apung yang sudah ditumbuk, air dan semen. (Ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar